Makalah Penyalahgunaan Kemajuan Teknologi Internet di Kalangan Remaja | Bahasa Indonesia

by - August 15, 2019


Penyalahgunaan Internet di Kalangan Remaja

Seperti yang kita ketahui, sekarang remaja identik dengan internet. Berkembangnya internet di Indonesia menyebabkan hampir seluruh remaja bisa menggunakan internet. Banyak yang menambah pengetahuan dengan internet, namun tak sedikit juga ada yang menyalahgunakan adanya internet.
        Internet mulai terkenal saat adanya Game Online. Permainan yang biasanya menggunakan jangkauan internet untuk mengoperasikannya, membuat sebagian remaja rela merogohkan goceknya untuk membeli voucher untuk dapat bermain di bandingkan membeli sesuatu yang lebih penting dari itu. Kebanyakan pula dari mereka yang begitu ketagihan bahkan sampai setiap hari bermain game tersebut. Namun lebih parahnya lagi, di kalangan remaja yang masih berstatus siswa sekolah banyak yang membolos demi bermain permainan tak ada gunanya itu.
        Jika dipikir- pikir lagi, sebenarnya boleh saja bermain permainan apapun asalkan masih dalam jangka wajar dan selama tidak mengganggu kewajiban remaja yang sesungguhnya hal itu masih tidak apa- apa. Tapi jika permainan tersebut begitu menyita waktu terbuang sia- sia hanya untuk menatap layar laptop sampai berjam- jam, maka sudah sebaiknya untuk meninggalkan kebiasaan bermain permainan tersebut.
    Bermain itu lebih banyak ruginya. Alangkah lebih baiknya lagi waktu digunakan untuk belajar dan jikapun ada waktu luang untuk bermain maka hal itu sangatlah wajar. Bermain dan belajar harus diimbangi agar tidak menjadi sesuatu hal yang buruk.
        Selain game online, ada salah satu jaringan sosial media yang begitu maraknya di minati para remaja, baik perempuan maupun laki- laki. Itu adalah facebook, seperti yang kita kenal facebook adalah sosial media yang mampu berinteraksi dan menghubungkan kita dengan orang lain walaupun jaraknya jauh. Sebenarnya facebook ini sangatlah baik, karena mampu menghubungkan kita dengan orang lain dan kita dapat berinteraksi tanpa bertemu secara langsung dengan mereka dengan mudahnya.
        facebook sekarang sangatlah terkenal di kalangan remaja maupun orang yang sudah bekerja sekalipun. Karena sosial media ini sangat diminati orang- orang, ada juga banyak orang yang menyalahgunakanya untuk sarana untuk membuat keributan dan permusuhan atau hal buruk semacamnya. Sebenarnya hal itu sangat disalahkan. Karena fungsi Facebook adalah untuk menjalin hubungan pertemanan dengan yang lainnya.
        Kali ini adalah tentang alat pencarian yang paling banyak di gunakan, yaitu google. Google adalah alat pencarian untuk mencari apapun yang kita cari. Kita hanya perlu menulis apa yang kita ingin tahu di address bar google. Sebenarnya google digunakan untuk tujuan yang baik yaitu menambah pengetahuan kita dan memberikan informasi lebih untuk kita, namun masih saja ada yang menyimpang.


2.3 Pembahasan
Penyimpangan yang terjadi pada Google adalah banyaknya kalangan remaja yang entah itu sengaja maupun tidak sengaja menyalahi aturan seperti membuka atau mendownload sesuatu yang tidak baik. Karena google dapat mengakses dan mencari apapun yang kita cari, para remaja dengan mudahnya mencari apa yang benar- benar ingin dia ketahui.
        Begitu banyaknya hal buruk yang kini mulai terjadi di karenakan adanya internet. Padahal sebenarnya dengan adanya internet kita dapat memajukan pengetahuan atau informasi dan menambah ilmu. Tetapi melihat banyaknya remaja yang salah pengertian dengan tujuan adanya internet membuat internet menjadi sesuatu hal yang dapat merusak jika tidak digunakan untuk sesuatu yang baik. Penyalahgunaan internet dikalangan remaja yaitu banyaknya remaja yang ketagihan main internet sampai rela membolos sekolah dan bahkan meminta uang lebih dengan berbohong kepada orang tua dengan alasan untuk membeli buku, tak sedikit dari para remaja yang tidak pulang hanya untuk bermain di warnet. Tak sedikit dari mereka juga ada yang sangat parah kelakuannya yaitu mencuri uang orang lain hanya untuk bermain internet. Alangkah buruknya tindakan yang di lakukan para pecandu internet. Padahal sebagai penerus bangsa, kita sudah sepatutnya menjadi orang yang lebih baik dan berguna agar dapat memajukan negara, bukan malah merusak generasi muda. 

2.4 Cara Mengatasi Masalah
Tak sedikit dari remaja kini yang benar- benar menjadi seorang pecandu internet. Karena kebanyakan dari mereka menyalahgunaankan internet, berikut ini cara untuk mengatasi kecanduan internet:
1.  Membatasi penggunaan internet dalam sehari
Sebaiknya gunakan internet sehari sekali saja dan jika hanya diperlukan untuk hal- hal yang penting
2.   Gunakan waktu luang untuk belajar
Belajar merupakan tugas utama bagi seorang remaja yang berstatus pelajar karena belajar lebih penting dari pada bermain. Bermain dilakukan saat belajar sudah dilakukan dan hanya dilakukan diwaktu luang saja.
3.   Cari informasi yang baik dan yang bersifat membangun
Carilah sesuatu yang dapat membawa kemajuan pada diri kita dan jauhi segala sesuatu yang dapat merusaknya
4.    Berpikiran yang bersih agar apa yang kita dapatkan juga baik
Selalu berpikiran bersih dan lakukan menurut hati nurani dan tingkatkan ketaqwaan agar tidak terhasut rayuan untuk berbuat yang tidak baik.
 

BAB III
Penutup
  
        Semakin berkembangnya teknologi internet membuat remaja, orang tua bahkan anak- anak lebih banyak mengenal dan bisa mengoperasikannya dengan mudah. Oleh karena itu sudah sebaiknya kita membuat internet menjadi perpustakaan dunia yang baik yang dapat memajukan hidup kita kelak.
        Maka sekarang sudah seharusnya kita harus menjahui segala macam tindakan penyalahgunaan internet ini. Dan selalu berpikiran baik dan maju agar hidup kita akan lebih baik.


Bab IV
Kesimpulan
        Internet merupakan dampak dari globalisasi dalam bidang teknologi. Oleh karenanya internet sudah menjadi makanan sehari- hari bagi kalangan remaja maupun orang dewasa. Tapi dalam perkembangan ini juga terjadi berbagai konflik yang banyak merugikan, yaitu banyaknya orang yang salah dalam menggunakan internet. Jadi sudah sebaiknya kalangan remaja menjahui segala perbuatan yang kurang baik, karena internet dibuat untuk menambah pengetahuan dan memajukan pemikiran bukan untuk merusak masa depan.


Bab V
Saran
Nasib bangsa bergantung pada kita, jika kita baik maka bangsa ini juga baik. Maka berusahalah untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Karena berkembangnya teknologi internet seharusnya membuat kita lebih banyak tahu informasi dan membuat kita lebih pandai bukannya membuat kita menjadi rusak. Ingatlah tujuan adanya internet dan apa yang dapat kita rasakan dan kita dapatkan dari adanya internet tersebut.
        Tindakan dari kebanyakan remaja saat ini memang perlu di benahi dan dibimbing dengan benar lagi secara betahap. Karena dengan kemajuan teknologi internet para remaja kebanyakan menggunakanya untuk hal yang kurang baik. Maka sebaiknya kita kenali dan pahami dulu fungsi dari internet agar tidak terjadi salah pemanfaatannya nanti.
 

BAB VI
Sumber Acuan
1.    “Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX”  
2.   Google. com (cara mengatasi dan contoh penyalahgunaan internet)
 
 
 

You May Also Like

0 comments

Notes ~

The more you love, the more you suffer (V. V. Gogh)

Report Abuse